Solusi Ampuh, Aman & Nyaman Memperbaiki Fungsi Hati Secara Alami

Kamis, 22 Desember 2016

9 Jenis & Macam Penyakit Liver Serta Pengertiannya

Selamat datang di webiste obatherbaluntukmemperbaikifungsihati.blogspot.co.id, merupakan satu-satunya Agen Resmi penyedia produk obat herbal untuk memperbaiki fungsi hati ( liver ) yang telah diakui sebagai Toko Online yang AMAN dan TERPERCAYA sebagai Distributor Herbal Terbaik di Indonesia.

Sebagai bukti kesungguhan, kami siap melayani pemesenan ke-seluruh Indonesia dengan ketentuan menarik bagi Anda yaitu ” BISA KIRIM BARANG TERLEBIH DAHULU, SETELAH BARANG SAMPAI BARU TRANSFER PEMBAYARAN !

9 Jenis & Macam Penyakit Liver Serta Pengertiannya

9 Jenis & Macam Penyakit Liver Serta Pengertiannya

Jenis & Macam Penyakit Liver Serta Pengertiannya - Setelah pada artikel sebelumnya kami bahas tentang fungsi utama organ liver manusia, nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas apa sajakah jenis atau macam-macam penyakit yang dapat menyerang organ liver ( hati ) manusia ?

Seperti yang telah disinggung pada artikel sebelumnya, liver atau juga sering disebut sebagai hati merupakan organ dalam tubuh yang berbentuk segitiga, dan dibagi menjadi empat lobus. Lobus anatomi kiri dan kanan yang terlihat saat melihat hati dari depan.
Sepertihalnya organ lain dalam tubuh manusia, liver ( hati ) juga tentu dapat mengalami berbagai gangguan atau masalah yang dapat diserang oleh berbagai penyakit dan pada akhirnya dapat menurunkan fungsi dan kinerjanya.

Salah satu gejala atau ciri yang biasa dirasakan ketika liver ( hati ) mengalami masalah atau gangguan ialah kelemahan dan kelelahan, penurunan berat badan, mual, muntah serta gejala utama ialah perubahan warna kuning pada kulit yang sering disebut sebagai jaundice.

Hepatitis, hemochromatosis, kanker hati, sirosis, fibrosis hati, perlemakan pada hati, kolestasis dan jaundice serta primary biliary cirrhosis adalah beberapa jenis penyakit yang dapat menyerang liver ( hati ).

Di bawah ini terdapat berbagai jenis dan macam penyakit yang dapat menyerang organ liver ( hati ) serta pengertian dan gejalanya secara singkat, diantaranya :


1. Sirosis

Sirosis adalah kondisi yang dihasilkan dari kerusakan permanen atau jaringan parut pada hati. Ini adalah tahap akhir berbagai bentuk penyakit hati dan diketahui menyebabkan sejumlah masalah kesehatan lainnya, termasuk perdarahan varises, ascites dan ensefalopati hati.

Beberapa gejala yang lebih umum dan tanda-tanda sirosis meliputi :  Menguningnya kulit dan mata, kelelahan, kelemahan, kehilangan selera makan, gatal dan mudah memar dari penurunan produksi faktor pembekuan darah oleh hati yang sakit.

2. Hepatitis

Hepatitis adalah peradangan hati yang umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Virus hepatitis merupakan penyebab paling umum dari hepatitis di dunia. Ada 5 virus hepatitis utama, disebut sebagai tipe A, B, C, D dan E.

Hepatitis A dan E biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan atau air yang terkontaminasi. Hepatitis B, C dan D biasanya terjadi sebagai akibat dari kontak parenteral dengan cairan tubuh yang terinfeksi.

Infeksi akut dapat terjadi dengan gejala terbatas atau tidak ada, atau mungkin termasuk gejala seperti penyakit kuning (menguningnya kulit dan mata), urin gelap, kelelahan ekstrim, mual, muntah dan sakit perut.

3. Hemochromatosis

Hemochromatosis adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh penyerapan zat besi lebih banyak dari makanan yang Anda konsumsi, yang mengarah ke konsentrasi yang berlebihan dari besi dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, karena tubuh Anda tidak memiliki cara untuk menyingkirkan kelebihan zat besi.

Terlalu banyak zat besi dapat menyebabkan kondisi yang mengancam jiwa, seperti penyakit hati, masalah jantung dan diabetes. Beberapa orang mewarisi gen yang rusak sehingga menyebabkan hemochromatosis.

Banyak orang dengan hemochromatosis tidak memiliki gejala nyata. Ketika gejala memang ada, gejala tersebut mungkin berbeda dari orang ke orang. Gejala umum seperti kelelahan, dorongan seks rendah, sakit perut, kelelahan dan nyeri sendi.

4. Fibrosis hati

Fibrosis hati adalah akumulasi berlebihan dari protein matriks ekstraselular termasuk kolagen yang terjadi pada sebagian besar jenis penyakit hati kronis. Fibrosis berkembang bila hati berulang kali atau terus-menerus rusak. Fibrosis dapat berkembang lebih cepat ketika hal itu disebabkan oleh penyumbatan pada saluran empedu.

Pada tahap awal fibrosis hati, beberapa orang mengalami gejala karena fungsi hati relatif baik. Fibrosis adalah tahap awal dari pembentukan jaringan parut di hati. Seorang individu mungkin tidak memiliki gejala dan hidup normal, hidup kadang-kadang sangat aktif, selama beberapa dekade, dan tetap tidak menyadari bahwa ia memiliki penyakit hati.

5. Perlemakan pada hati ( fatty liver )

Fatty liver merupakan akumulasi abnormal lemak tertentu (trigliserida) di dalam sel-sel hati. Kombinasi kelebihan berat badan, resistensi insulin, dan kadar trigliserida yang tinggi disebut sindrom metabolik.

Semua kondisi tersebut menyebabkan lemak menumpuk di sel hati dengan menyebabkan tubuh untuk mensintesis lebih banyak lemak atau dengan pengolahan (metabolisme) dan buang air lemak lebih lambat. Akibatnya, lemak terakumulasi dan kemudian disimpan di dalam sel-sel hati.

Peradangan hati karena hati berlemak disebut steatohepatitis. Peradangan ini dapat berkembang menjadi jaringan parut ( fibrosis ). Fibrosis sering berkembang menjadi sirosis (jaringan parut yang mendistorsi struktur hati dan merusak fungsinya).

Fatty liver biasanya tidak memiliki gejala yang terkait. Anda mungkin mengalami kelelahan atau ketidaknyamanan perut samar-samar. Hati Anda mungkin menjadi sedikit membesar, dan dokter Anda dapat mendeteksi ini selama pemeriksaan fisik.

Kelebihan lemak dapat menyebabkan peradangan hati. Jika hati Anda menjadi meradang, Anda mungkin memiliki nafsu makan yang buruk, penurunan berat badan, sakit perut, kelemahan, dan kebingungan.

6. Kolestasis

Kolestasis adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh berkembang pesat (akut) atau jangka panjang gangguan (kronis) di ekskresi empedu (cairan pencernaan yang membantu lemak proses tubuh).

Kolestasis disebabkan oleh obstruksi dalam hati (intrahepatik) atau di luar hati (ekstrahepatik). obstruksi menyebabkan garam empedu, pigmen bilirubin empedu, dan lemak (lipid) yang menumpuk dalam aliran darah.

Kolestasis intrahepatik ditandai dengan penyumbatan luas saluran kecil atau oleh gangguan, seperti hepatitis, yang mengganggu kemampuan tubuh untuk menghilangkan empedu. kolestasis ekstrahepatik dapat terjadi sebagai efek samping dari berbagai obat.

Kehamilan meningkatkan sensitivitas saluran empedu ke estrogen, dan kolestasis sering berkembang selama trimester kedua dan ketiga selama kehamilan. Kondisi ini adalah penyebab paling umum kedua penyakit kuning selama kehamilan.

7. Jaundice ( Penyakit kuning )

Jaundice atau penyakit kuning, juga dikenal sebagai ikterus, adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan semburat kekuningan pada kulit dan sklera (bagian putih mata) yang disebabkan oleh kelebihan bilirubin dalam darah (hiperbilirubinemia).

Penyakit kuning paling sering terjadi sebagai akibat dari gangguan yang mendasari yang baik menyebabkan kelebihan produksi bilirubin atau mencegah hati dari membuang itu, keduanya menghasilkan bilirubin yang disimpan dalam jaringan.

Bilirubin adalah produk sampingan dari pemecahan alami sehari-hari dan penghancuran sel darah merah dalam tubuh. Penyakit kuning mungkin disebabkan oleh beberapa proses penyakit yang berbeda.

Semburat kuning pada kulit dan putih mata, biasanya mulai dari kepala dan menyebar ke bawah tubuh, pruritis (gatal-gatal), kelelahan, sakit perut - biasanya menunjukkan penyumbatan saluran empedu, muntah, demam dan warna urin lebih gelap adalah beberapa tanda dan gejala pada penyakit kuning.

8. Primary biliary cirrhosis

Primary biliary cirrhosis adalah penyakit di mana saluran empedu di hati Anda secara perlahan hancur. Empedu merupakan cairan yang diproduksi di hati Anda, berperan dalam mencerna makanan dan membantu membersihkan tubuh Anda dari sel usang merah darah, kolesterol dan racun.

Ketika saluran empedu rusak, seperti pada primary biliary cirrhosis, zat berbahaya dapat membangun dalam hati Anda dan kadang-kadang menyebabkan jaringan parut ireversibel jaringan hati (sirosis).

PBC dianggap sebagai penyakit autoimun, di mana tubuh berbalik melawan sel sendiri. Para peneliti berpikir itu dipicu oleh kombinasi faktor genetik dan lingkungan. PBC biasanya berkembang secara perlahan dan obat-obatan dapat memperlambat perkembangan, terutama jika pengobatan dimulai dini.

Meskipun beberapa orang dengan sirosis bilier primer tetap bebas gejala selama bertahun-tahun setelah mereka didiagnosis, akan tetapi orang lain mengalami sejumlah tanda dan gejala seperti kelelahan, kulit yang gatal serta mata kering dan mulut.

9. Kanker hati

Kanker hati (tumor jantung primer) adalah kanker yang timbul di dalam hati. Kanker (ganas) tumor yang dimulai di dalam hati yang paling sering sarkoma, jenis kanker yang berasal dari jaringan lunak tubuh. Sebagian besar tumor hati yang bukan kanker (jinak).

Di dunia, kanker hati adalah kanker paling umum kelima di antara laki-laki dan kesembilan di antara wanita. Kanker ini adalah penyebab paling umum kedua atas kematian akibat kanker di seluruh dunia, setelah kanker paru. Tanda dan gejala klinis yang dapat ditemukan antara lain hepatomegali atau pembesaran hati, sakit perut, ikterus, atau gangguan hati lainnya.

Nah itulah 9 jenis dan macam-macam penyakit liver ( hati ), oleh karena hal tersebut jaga kesehatan liver Anda dari mulai sekarang. Semoga artikelnya bermanfaat dan terimakasih :)

Source : Google.com

Baca juga artikel lainnya :



9 Jenis & Macam Penyakit Liver Serta Pengertiannya

0 komentar:

Posting Komentar



Pages

Diberdayakan oleh Blogger.